Ther Melian Recollection




TITLE : Ther Melian Recollection

AUTHOR : Shienny MS

PUBLISHER : Elex Media Komputindo

PAGES : 354 pages

ISBN : 9786020412658




 Blurb :

Saat berburu, Elya menemukan seorang pemuda sekarat di antara jasad prajurit Legiun Falthemnar dan membawanya pulang untuk dirawat. Karena pemuda itu tak ingat jati diri atau bahkan namanya sendiri, Elya memanggilnya Lucca, yang artinya anak hilang.

Sementara itu, pembunuh misterius berkeliaran di Dominia dan mengancam jalannya Festival Musim Kemarau. Keadaan semakin pelik dan berbahaya. Elya harus berpacu dengan waktu untuk mengembalikan ingatan Lucca, sebab keselamatan semua orang yang disayanginya bergantung pada misi yang tidak bisa diingat pemuda itu.

Ketika akhirnya potongan demi potongan ingatan Lucca mulai kembali, Elya menyadari sesuatu. Bukan saja mengembalikan masa lalu Lucca, tetapi Elya juga berhasil mengungkap sejarah kelam Bangsa Elvar, aib yang terjadi dalam era Perang Besar lebih dari lima belas abad yang lampau.


***

Ther Melian Recollection ini menceritakan tentang adalah  Elya, seorang gadis vier-elv, atau campuran elvar dan manusia, yang menemukan banyak mayat yang bergeletakan saat dia pergi berburu di hutan. Namun ada seorang pria yang terluka parah dan masih bisa terselamatkan, akhirnya Elya memutuskan untuk pria tersebut.  Demi menolong pria itu, Elya menyelundupkannya masuk ke dalam kota agar bisa  dirawat oleh ayahnya, sang 'Walikota' desa tersebut dengan harapan ketika pria itu sadar, ia mendapatkan petunjuk tentang kematian yang terjadi di hutan.

Kemunculan pria yang diberi nama Lucca ini, ternyata datang bersamaan dengan kejadian-kejadian misterius lainnya yang terjadi di Dominia. Kematian-kematian aneh , makam yang dibongkar, masih berkeliarannya sosok pembunuh misterius yang mengancam jalannya Festival Musim Kemarau yang akan di adakan di desa tersebut sampai dengan kemunculan orang yang ingin membunuh Elya dan ayahnya. 

Saat peristiwa semakin pelik di Dominia, Elya harus berjuang untuk menyelamatkan orang-orang yang ia sayangi dan berlomba dengan waktu untuk membantu Lucca mengembalikan ingatannya yang hilang. Karena sebagian dari misi Elya tergantung dari kepingan-kepingan ingatan Lucca yang hilang.


Hingga pada akhirnya, tidak hanya ingatan Lucca yang kembali, setiap potongan misteri itu menguak sejarah kelam bangsa Elvar yang terjadi pada perang besar lebih lima belas abad yang lalu. 


Hmm... Keren kan? bikin penasaran!!

Ini adalah pengalaman pertamaku membaca novel fantasi karya anak bangsa! Yup... Ther Melian adalah salah satu karya asli Indonesia lho!!*clapss*
Sebelumnya aku memang sudah tau kisah-kisah Ther Melian dari temanku dan dia juga merekomendasikan aku untuk membaca novel fantasi ini, Dan, aku sama sekali tidak menyesal sudah mengiyakan tawaran dari Kak Grace untuk mereview novel ini, *Thank you Kak!! Thank you Elex!!*

Awalnya aku sedikit ragu karena buta banget sama kisah-kisah dari Ther Melian ini, dan aku pikir kalau buku ini itu adalah bagian dari series Ther Melian yang lain. But i'm totally wrong! Buat kamu yang memang belum pernah baca Ther Melian, Ther Melian Recollection ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan tetralogi Ther Melian yang sudah lebih dulu hadir. Hanya saja beberapa nama mungkin ada yang muncul. Tapi cerita ini lebih universal, karena setting waktu di Ther Melian Recollection ini terjadi sekitar 20 tahun sebelum Relevation jadi kamu nggak usah khawatir yah. Tapi, kamu harus hati-hati kalau sampai kamu ketagihan dan penasaran untuk tau kisah-kisah yang lain dari novel Ther Melian ini. muehehehe *slap* :D






Berbicara alur cerita, aku suka style kak Shienny. Ther Melian Recollection ini bukan tipe novel fantasi yang memerlukan pemahaman yang berat  dan menyita waktu kita untuk membaca berulang-ulang pada satu halaman itu saja. Yang jelas, ceritanya sangat mengalir, ringan, dan nggak belibet. Kak Shienny sukses membuat aku sebagai pembaca berimajinasi tentang dunia Ther Melian ini, dan juga Lucca tentu saja. *hihihi*

Mungkin di beberapa bagian, kita akan teringat pada mahluk-mahluk atau tokoh dari film yang sudah tayang. Tapi menurutku itu bukan hal yang patut untuk dipermasalahkan. Dan juga ide cerita ini bisa jadi mirip dengan beberapa film fantasi yang pernah aku tonton, tapi Kak Shienny mengeksekusi idenya dengan sangat baik. Bahkan aku berharap mungkin Ther Melian ini akan ada film atau game nya, Pasti keren banget!! 


Aku selalu salut sama penulis yang bisa membawa pembacanya ikut masuk ke dalam dunia yang ia ciptakan tanpa harus membuat keningku berkerut kebingungan dan membuat otakku memaksa untuk memahami kemana alur dari cerita ini.
Kalau sampai Ther Melian ada tv series atau filmnya, asliii! AKU PASTI BAKALAN NONTON!!
kalau ada gamenya, AKU BAKALAN DOWNLOAD!! 


Tokoh yang dibuat pun benar-benar menarik. Mulai dari penamaan tokoh hingga karakter tokoh itu sendiri. Setiap tokoh mengambil peran masing-masing dan karakter yang dibentuk pun cukup kuat. Terutama Elya dan Lucca *Yeaassssshh*
Aku takjub lho kalau ada penulis yang hebat banget milih nama karakter untuk cerita fantasi dan nama itu keren-keren. Favoritku? Hmm.... LUCCA!!!! He's mine yes! *ditabok warga Dominia*
Lucca ini mengingatkan aku dengan Wolverine karena cakar di tangannya. Hihihi...
Sempat kepo juga dengan sosok Valadin yang katanya menjadi seorang guru pada cerita Ther Melian Academy di sebuah platform komik. :D

Sayangnya, cerita cintanya kurang uuunnchhhhh!! Hihihi... Mungkin karena Kak Shienny memang memfokuskan pada konflik yang terjadi, bukan pada asmara si tokoh. Tapi, tetep aja Lucca bikin blushing-blushing gitu... Fix aku penggemar Lucca garis keras!

Mungkin dari segi cover, Ther Melian Recollection ini covernya kurang photoable untuk indoor dengan segala properti foto cantik. Tapi kalau urusan outdoor dan berkaitan dengan alam, covernya bagus banget! Terbukti dari aku take photo di outdoor, gambarnya kerasa hidup. 
Di dalam buku ini juga ada illustrasi-illustrasi keren. Apalagi illustrasi Lucca... ulalaaahhhh *meleleh*






Overall, ini fantasi Indonesia yang keren!! Nggak kalah deh sama terjemahan. Jadi aku akan memberikan 4.3 ⭐ untuk Ther Melian Recollection ini.

 So guys, buat kalian yang doyan baca fantasi yang seru dan mendebarkan, Ther Melian bisa masuk dalam wishlist kamu.

Sukses terus Kak Shienny. Semoga makin banyak karya yang lahir dari kakak. Semoga Ther Melian dijadiin film. Aminn...
Terima kasih juga untuk Elex Media Komputindo yang sudah memberikan saya kesempatan untuk mereview novel keren ini, jangan kapok sama caramelmachiato91 yaa... muehehhe...




"Karena kamu tahu siapa aku yang sesungguhnya, bahkan di saat aku meragukan diriku sendiri."

Komentar